Minggu, 05 April 2009

Tip Praktis NLP#2: DEEP SLEEP - Segar dg Tidur Nyenyaaak Sejenak

Bagaimana saya mengatur energi tubuh agar tetap FIT dalam kesibukan yang sangat tinggi dan sangat memeras tenaga sebagai Motivator yang kadang harus pindah 2 sampai 3 kota dalam sehari?” demikian pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh peserta training yang hadir di kelas.
Kuncinya sungguh sederhana:

1. Makanan yang sehat yakni Vegetarian (saya tidak makan daging, sea food & telur).

2. Pikiran Positip (istilah John Grinder hidup dengan pikiran tanpa MAP dan saya sangat mencintai misi kegiatan saya sebagai Motivator).

3. Olahraga ringan & praktis seperti Yoga, Senam atau bergerak saja mengikuti kemana Unconcious saya mau bergerak.

4. Meditasi baik Sitting Meditation, teknik olah nafas yang benar dan salah satu variasinya adalah Deep Sleep.

Kapan saja saya melakukannya?

Saat di pesawat terbang, di mobil, sebelum menyiapkan pekerjaan yang memerlukan pemikiran, sebelum pelatihan dimulai atau kapan saja bila tubuh saya membutuhkan istirahat namun waktunya pendek.

Bagaimana melakukannya?

Salah satu metode Deep Sleep favorit saya adalah teknik Self Hypnosis berikut:

1. Pilih posisi duduk atau tidur yang nyaman.

2. Tenangkan diri dengan memejamkan mata sekitar 1 atau 2 menit.

3. Sambil pejamkan mata, amati bagian tubuh yang terasa lelah & kendorkan.

4. Lalu, kendorkan semua otot tubuh dari ujung kepala sampai ke ujung kaki.

5. Setelah tubuh sangat rileks, tanyakan ke Unconcious kita berapa menit yang dibutuhkan untuk Deep Sleep tsb. Tanyakan secara perlahan saja, misal: 5 menit… (tunggu sejenak, baru lanjutkan), 10 menit…, 15 menit… atau 20 menit… Jika sudah terlatih, Anda akan rasakan muncul jawaban “Ya”

6. Setelah itu, boleh tambahkan kalimat sugesti berikut (jika dirasa perlu) & katakan dalam hati dengan sangat lambat: “Aku akan tidur sangaaat nyenaaak selama 10 menit…”

7. Yang berikut ini, saya lakukan jika saya rasa saja perlu yakni menghitung mundur dalam hati dengan sangat lambat: “10…9…8… sampai 1″

Biasanya saya hanyaaa sangguuup sampaiii 7 atau 6 sajaaa, setelah itu saya sudah ngoroook blas…

Selamat mencoba dan menikmati Deep Sleep ini. Setelah mencobanya, jika ada pertanyaan & sharing pengalaman silahkan email ke saya.

Huaaaah…mulai ngatuuuk, Bok!

Krishnamurti


36 Responses to “ Tip Praktis NLP#2: DEEP SLEEP - Segar dg Tidur Nyenyaaak Sejenak

# 1 andre 08163128078 Says:
March 8th, 2007 at 9:34 pm
terapi yg logika & mudah diterapkan (Bravo utk Bp.krishna)
& terima kasih atas konsultasi & motivasi yg diberikan utk kebaikan/kemajuan seseorg tnp pamrih

# 2 Edwin Says:
March 8th, 2007 at 11:25 pm
saya biasanya gagal di tahap deepening…
soalnya biasanya suggesti agar untuk merasakan suara2 diluar semakin membuat saya deep biasanya berlangsung sangat susah. saya pernah deepening saya sendiri di malam hari sampai 1/2 jam lebih tetapi belum bisa saja..
ada masukan dari Bp. Krishna?

# 3 Tyo Says:
March 8th, 2007 at 11:46 pm
Wahhh, bagus juga pak artikelnya. Sepertinya cocok buat orang yang kerja di Jakarta, berangkat pagi subuh pulangnya malem… Kalo bisa deep sleep dan badan terasa segar setelah bangun pasti pikiran juga fresh….

# 4 Tri Antono Matheus Says:
March 8th, 2007 at 11:52 pm
Pak Krisna, luar biasa. Saya mengenal nama Bapak saat kerja di Garudafood Bintaro, namun sampai sekarang belum pernah ketemu, meski pengen banget. Pak Krisna sangat terkenal di Garudafood dan atasan saya di Garudafood (Bp. Andreas Hartono) sangat kenal dengan Bapak.

Menanggapi masalah tidur ini, kurang lebih sebulan ini saya mempraktekkan hal yang hampir mirip namun untuk tidur di malam hari, bukan 5, 10 atau 15 menit. Biasanya saya kalau pas susah tidur menghitung domba atau angka 1-100, meski mujarap namun rada lelah dan kurang cespleng. Selama sebulan ini saya mengganti metode dengan mengatakan pada diri sendiri sebelum tidur: “relax…. relax…. relax…. setiap saya bernafas maka badan akan semakin relax…semakin relax” setelah 1 menitan biasanya sangat relax lalu saya lanjutkan: “tidur, besok pagi akan bangun dengan segar bugar, sehat, termotivasi, menjadi luar biasa.” dan berikutnya: “setiap kali bernafas maka akan semakin tertidur, semakin pulas dan 50 x lebh pulas, 100 x lebih pulas…..” dan saat itu lsg tak sadarkan diri… hehehe… Kata-kata yang saya pakai sebgaaimana yang diajarkan Pak Andreas Hartono saat melakukan hipnotherapy, thks Mr. Andre. Luar biasa Pak Krisna, saya salut dengan Bapak….. Thanks & GBU.

# 5 Antonius yp Says:
March 9th, 2007 at 1:47 am
waktu pkl.05.00 tadi pagi baca sms pak krishna ttg deepsleep ini, saya sudah sangat deepsleep sejak pkl. 20.30 sebelum sms pak krish kirim. metode pak krish sudah lama saya terapkan, sehingga membuat istri dan anak-anak saya komentar: tidur dimana saja koq ya bisa! Saat pernah mengalami stress (pekerjaan) yang berat sehingga sangat sulit tidur, selfteraphy yang saya pakai hingga saat ini adalah “membayangkan diri seperti bayi yang ada di pangkuan dan kehangatan pelukan ibu” dan ternyata ini cespleng…silahkan coba. (jangan membayangkan seperti busa di atas air…nanti membayangkan hal-hal yang malah tidak bisa nyenyak…tidur.)
Pak Krishna, saya ini termasuk korban banjir (2002,2005). bulan lalu dlm rumah air sepinggang dewasa dan saat itu saya di Bedono Ungaran. 2 jam sebelum air naik saya dpt sms dan telpon dr tetangga bhw banjir akan datang. Dengan tenang saya hubungi rumah dan kebetulan anak saya mbolos sekolah krn hujan. Dari jarak jauh, via hp saya “mengkomando” anak saya agar bersama mbak pembantu menyelamatkan barang-barang penting untuk diangkat ke ruang atas. syukur barang-barang selamat, kecuali kasur dan motor. sempat mengalami “stress” krn komunikasi putus baik telpon atau hp! lebih stress lagi, ibunya sdg kerja tdk bisa dihubungi dan air sdh setinggi pinggang orang dwasa! krn Yang terpikir oleh saya: keselamatannya, makannya, dll. Saat stress, saya coba lakukan spt langkah deepsleep, saya komando bawah sadar saya untuk gunakan hp dan ternyata bisa!
Kabar baik membuat saya menjadi tenang dan bisa lanjutkan perjalanan ke Jogja. Apa ini yang namanya “knowing nothing state?”
Persoalannya, satu dua hari pasca banjir kabar sms/telpon tentang akan banjir lagi
yg membuat “panik” istri saya. Istri saya “stress” bila mendengar kabar semacam ini. saya coba tenangkan..tapi sulit….diterima. bahkan sampai saat ini pun barang-barang masih di lantai atas. apa ini krn “tidak ada nabi yang dihormati di negeri sendiri?”. bgm cara/teknik untuk membantu “menenangkan” nya? Saya sendiri saat peristiwa kemarin justru jalan-jalan ke tetangga yang juga stress. Saya ajak mereka untuk “menikmati” saja (lha wong banjir tidak bisa kita tolak!) dan mereka bisa tenang….syukur kalau ada program pak krish tentang terapi untuk korban banjir? biar nanti saya juga bisa melakukan untuk di sekitar saya tinggal.
salam sukses dan sejahtera untuk pak krishna


# 6 teha Says:
March 10th, 2007 at 2:18 am
pak krishna, saya akan praktekkan. setelah itu seperti kata pak krishna, saya akan bagikan kepada teman-teman di kantor maupun di milis lain. oke? kalau ada yang komentar nanti saya sampaikan kepada bapak. banyak salam untuk bapak dan keluarga.

# 7 Nanang Love Motivation Centre Says:
March 10th, 2007 at 9:27 am
tidak ada komentar saya juga mulai ngantuk e..e..penjaga warnet mengingatkan jangan tidur disini he..he… tidur nyenyak adalah tanpa ada beban pikiran kita lupakan sementara, kiata longarkan dengan relaksasi sbgmana yang anda sampaikan.terutama ketika capek untuk menyelesaikan perbaikan skripsi it Good Idea Master THaks.. Ngooook”ssss….sssssss nanang (081 651 7923)

# 8 anton Says:
March 13th, 2007 at 5:21 am
nah…ini tips yang sedang saya cari….
thanks mas Krish !

# 9 christina Says:
March 15th, 2007 at 10:23 am
deee.. ini dia nih yang aku cari… susah tidur booo. pikiran suka ngeluyur… thks pak.
salam sukses selalu.
Christina

# 10 Yovinus Says:
March 17th, 2007 at 1:47 am
Hi redaksi, cuma mau kasih masukkan saja. disini saya membaca ada total komentar.
apakah tidak lebih baik, jika komentar2 tsb dimunculkan juga. ( mungkin sebaiknya disorting dulu, mana yang perlu dan tidak ) sehingga pembaca bisa memperoleh informasi lebih lanjut. misalnya tentang topik “deep sleep” , bagaimana kesan2 orang yang mempraktekkannya atau ada kesulitan dari mempraktekkannnya.
warm regards,

yovinus

# 11 Maz Andang Andiwilapa Says:
March 22nd, 2007 at 6:16 am
Apa khabar Pak Krihnamurti, saya sempat ikut pelatihan Bapak di Hotel Indra Puri Bandar Lampung, waktu saya masih bekerja di Garudafood, saya senang mendapat pencerahan baru dan ilmu baru. Minimal hal ini untuk pengembangan diri saya. Terima kasih atas dedikasinya.

Salam untuk Pak Tri Antono & Pak Andreas Hartono, kapan kita dapat bertemu kembali ? Terima kasih atas dedikasinya waktu KWBP dan SPE di Wisma Hijau Cimanggis beberapa waktu yang lalu.

Salam untuk semuanya GBU.

# 12 Aliyudin Says:
March 24th, 2007 at 9:44 am
Halo Mas Kris, akhirnya ketemu juga nii artikel yg dah saya tunggu2. 6 Jan 2007 lalu saya ikut pelatihan bersama rekan PruSpirit Prudential Thamrin di villa kawasan Bogor Sukabumi.thx ya…atas monitifasi yg diberikan banyak merubah cara saya dlm mengerjakan tugas sehari2 plus artikel ini hal yg berguna utk di praktikan.Gimana juga buku nya dah bisa di dapat blum…dimana saya bisa dpt. plis sms dong ke 0811975016. tx ya….

# 13 ryo* Says:
March 27th, 2007 at 11:43 pm
Pak Krishna, saya mo tanya neh, tuk masuk dalam relaksasi yg dalam gmn caranya soalnya saya dah latihan kok blm maksimal. Trus cara mengatur nafas apa perlu kita hitung dlam hati misal 4-2-8 ( tarik 4 hitungan, tahan 2 hitungan, buang 8 hitungan ) atau kita cman memperhatikan nafas kita saja. Dan terakhir pada latihan self hipnosis, sy rasakan lama kelamaan tubuh kok tegang/kaku ya..apa kurang dalam relaksasinya.
terima kasih 4 perhatiannya.

# 14 Amandus Says:
March 29th, 2007 at 7:07 am
mantappp Pak Krish….
Aku sudah praktekkan… hasilnya … nyataa..

Thanks and GBU

# 15 Amandus - Ecogreen Batam Says:
March 29th, 2007 at 7:08 am
mantappp Pak Krish….
Aku sudah praktekkan… hasilnya … nyataa..

Thanks and GBU

# 16 agus Says:
April 25th, 2007 at 4:47 am
artikel anda bagus sekali sekarang saya lebih taju banyak tentang hipnotis. Terima kasih. Terus gimana caranya agar saya dapat menterapi orang lain dengan lebih bagus lagi. Saya juga seorang yang dapat memotivasi orang lain (saya punya bakat untuk itu/menjadi seorang motivator). Terima kasih artikel anda bagus sekali. Balas

# 17 Yosef Yusman Says:
May 7th, 2007 at 9:15 am
Pak Krish ini ternyata luar biasa….!!!!!! Kapan ke Solo pak ?????

# 18 fahmy arafat daulay Says:
September 2nd, 2007 at 2:43 am
Thx atas tipsnya ya pak Kris,semoga Allah selalu merahmati bapak sekeluarga dan mempertemukan kita pada pelatihan atau seminar bapak,amin ya rabbal alamiin

# 19 andre palembang Says:
November 6th, 2007 at 1:37 am
saya sangat senang membaca artikel tentang sleep deep,meditasi untuk penyembuhan, melakukan sesuatu dengan fikiran (seperti memecahkan keramik dengan bola lampu seperti yang dilakukan bpk pada saat di tegal arum 2004). saya sering sekali mencoba melakukan hal tersebut, namun saya tidak pernah berhasil.toloooooooooooong dunk kasih penjelasannya..?

# 20 saiful anam Says:
December 14th, 2007 at 1:20 am
wah manjur bener

# 21 kunto Says:
March 19th, 2008 at 9:45 am
akhirnya ketemu juga nlp.
semoga web ini berguna untuk banyak orang terutama orang indonesia. Amin…
mau tau nlp bisa dipelajarin secara otodidak gak? ato perlu ikut pelatihan2..
thaks…

# 22 dias ardinal Says:
April 14th, 2008 at 8:07 pm
gmna klo bsa tidur seng nyeyak Q klo mlem susah tdur tlng bntu Q,,,,gar bza tdur,,,enakkk,,,,

# 23 Fero Says:
May 6th, 2008 at 4:32 am
saya lumayan terobati dengan artikel bapak,sangat membantu sekali,krn kebiasaan saya melamun dulu sekitar 1 jam baru bisa terlelap tidur,tapi setelah melihat artikel bapak saya tertarik untuk mencoba,terimakasih.terus berkarya ya pak,sukses.

salam
Fero

# 24 Krishnamurti Says:
May 6th, 2008 at 8:27 am
Dear Fero, selamat berlatih deeeeep sleeeeep… Aaahhh nguap deh…

# 25 dini Says:
May 23rd, 2008 at 12:23 pm
Saya penderita hipertiroid yang susah tidur dan kuat begadang. Kalau hari mulai malam, saya tiduran dan sambil melihat jam, jam 11…., jam 12 (hii serem)…, jam 1….., panik kapan tidurnya, tahu -tahu subuh…….

Setelah mempraktekkan ajian deep sleep, alhamdulillah bisa tidur, bangun badan seger. Trims bgt.

# 26 Krishnamurti Says:
May 24th, 2008 at 1:52 pm
Dear Dini, syukurlah jika DEEP SLEEP ini bisa bantu tudur kamu lebih nyenyak. Ajarkan ke org lain ya…

# 27 TINA Says:
November 28th, 2008 at 5:33 am
pak kris,saya sudah mencoba teknik deep sleep ini,tapi sampai sekarang saya selalu gagal,trus teknik deep sleep ini bisa gak dipakai d t4 ramai?untuk sebelum dan sesudahnya makasih ya pak kris,sukses terus y

# 28 Krishnamurti Says:
November 28th, 2008 at 5:54 am
Dear Tina,
Coba latih dulu dg Panduan Aktif yg ada di CD #1, lalu coba #2, bonus dari buku sy SHARE THE KEY. Sy gunakan teknik ini dimana saja, termasuk tempat ramai. Sy mudah sekali ngorok he..he..

# 29 TINA Says:
December 1st, 2008 at 5:58 am
saya sudah mencoba teknik ini sampai beberapa kali,tapi tetap gagal.Namun setelah saya coba lagi dengan mendengarkan cd dari pak kris,ternyata benar dalam hitungan beberapa menit saja saya sudah tidak mendengar lagi suara panduan bapak.suara pak kris memang bisa menina bobokkan orang ya,he..he..dan sekarang saya tidak khawatir lagi tidur malam,karena dengan teknik deep sleep ini saya bisa tidur malam dan bangun dengan keadaan segar kembali.sekali lagi terima kasih banyak ya pak kris

# 30 Krishnamurti Says:
December 15th, 2008 at 12:00 am
Dear Tina,
Syukurlah jika CD tsb dpt membantu Anda utk tidur lebih nyenyak. Krn saat kita bisa istirahat dg sangat baik, produktifitaspun kitapun akan meningkat. Semangat meningkat inilah yg kita gunakan utk terus berkarya…

# 31 Apni Says:
February 26th, 2009 at 8:26 am
Pak Krishnamurti, apakah teknik ini bisa diterapkan buat orang yang kesulitan tidur di malam hari? Kebetulan kerjaan saya mengharuskan untuk travel ke luar kota, masalahnya adalah badan saya sudah lelah tapi mata sangat sulit diajak kompromi, nah apakah deep sleep ini bisa diterapkan juga? Sebenarnya ketika di pesawat pun ada waktu buat istirahat kalau ke luar kota, tapi saya sulit membuat mata ngantuk padahal badan lelah.
Adakah saran dari Bapak?
Terima kasih.

# 32 novi nurliana Says:
March 17th, 2009 at 7:37 am
saya juga tmsk org yg susah tidur.. (bukankah ’susah tidur’ susah juga bangunnya ??? :)))…pdhl subuh kita sdh hrs bgn utk segala aktifitas…tiap bangun tidur, kepala sakit dan leher bag blkg tegang…ampun deh pak…gmn ya tidur yang berkualitas? apa teknik diatas bs dipakai… betapa saya ingin tiap bangun pagi dg perasaan enteng dan semangat menyambut hari…bukan bangun dengan keluhan “sakit” thx pak

# 33 Krishnamurti Says:
March 17th, 2009 at 3:04 pm
Dear Apni,

Baik juga kamu gunakan teknik buang seluruh perasaan yg msh menggantung di pikiran kamu, spt teknik terapi nafas, terapi dzikir atau yg lainnya, sebelum gunakan teknik ini.

Semoga membantu…

# 34 Krishnamurti Says:
March 17th, 2009 at 3:05 pm
Dear Novi,

Coba gunakan teknik ini dulu, boleh kombinasi dg teknik2 lain yg ada di artikel2 sy terdahulu, spt tidur tanpa bantal…

Nanti inform sy, gimana hasilnya ya….

# 35 iwan Says:
March 20th, 2009 at 9:20 am
Saya barusan mencoba tekbik ini, hasil nya dasyat, ….tidur pulas di kursi kantor hampir 1 jam. Padahal saya ge pernah bisa tidur di kursi. apalagi di kantor….

# 36 Krishnamurti Says:
March 20th, 2009 at 1:33 pm
Bung Iwan,

Ha ha ha luar biasa ya… Tapi tetap jangan tertidur lama2 ya di kantor, bisa berakibat repot nantinya. Atau, baik juga Boss Anda diajarkan teknik ini, spy siang2 bisa Deep Sleep bareng he he

Tidak ada komentar:

Posting Komentar